Bahaya Boraks Bagi Kesehatan


   Masih ingatkah rekan pada berita tentang penggunaan Boraks pada bakso yang menggemparkan di Indonesia beberapa tahun silam? Bleng (bahasa Jawa) atau Boraks adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak dan gendar dan juga mie,lontong,ketupat,( sebagai pengeras/pengenyal ) bakso,( sebagai pengawet dan pengeras ) kecap,( sebagai pengawet ) cenil,( sebagai pengeras )
bakso photo: bakso bakso.jpg
 Nama lain dari Boraks adalah natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat. Bahaya Boraks Bagi Kesehatan Bleng adalah bentuk tidak murni dari boraks, sementara asam borat murni buatan industri farmasi lebih dikenal dengan nama boraks. Di dalam dunia perindustrian, boraks menjadi bahan pembuat solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoak.

   Dalam ujud yang tidak murni, sebenarnya boraks telah diproduksi semenjak tahun 1700 di Indonesia, dalam bentuk air bleng. Bleng biasanya dihasilkan dari ladang garam atau kawah lumpur (seperti di Bledug Kuwu, Jawa Tengah).

   Bahaya Boraks Bagi Kesehatan Boraks atau bleng sebenarnya tidak aman untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan dalam dosis yang berlebihan, tetapi ironisnya sering kita jumpai penggunaan boraks dalam dosis berlebihan sebagai komponen dalam makanan itu sudah meluas di seluruh dunia, bahkan sejak saya kecil sering lihat ibu saya saat mencampukan bleng cair ataupun bleng batangan yang di cairkan ke dalam bahan pembuat krupuk beras (nasi) katanya biar kenyal, kalau tidak di kasih bleng tidak akan jadi . Menurut para ahli kesehatan mengkonsumsi makanan berboraks dalam jumlah berlebihan atau diatas batas aman yaitu 1 gram / 1 kg pangan akan mengakibatkan gangguan pada otak, hati, dan ginjal. Dalam jumlah yang banyak, boraks menyebabkan demam, anuria (tidak terbentuknya urin), koma, merangsang sistem saraf pusat, menimbulkan depresi, apatis, sianosis, tekanan darah turun, kerusakan ginjal, pingsan, hingga kematian.

Setelah mengetahui Bahaya Boraks Bagi Kesehatan masihkah anda mencampurkan boraks ke dalam makanan yang anda buat?

                        Sumber Artikel http://id.wikipedia.org/wiki/Bleng#Bahaya_bleng_dan_boraks

Tidak ada komentar :