10 Macam Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Assalamu'alaikum.Wr.Wb


Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? buah yang segar dan menyehatkan, apel ada bermacam-macam jenis, Apel adalah buah yang dihasilkan dari pohon yang nama dan buahnya sama,buah apel, pohon apel, Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica demikian juga dengan Buah Apel juga memiliki nama latin Malus domestica. Buah yang satu ini juga memiliki bermacam manfaat dari untuk kesehatan hingga kecantikan. Buah Apel memiliki sejarah panjang sebelum sampai pada buah apel yang kita kenal sekarang dan Sejarah Singkat Budidaya Apel yaitu kurang lebih sejak 300 SM apel sudah mulai ditanam, pada saat itu Apel ditemukan di wilayah Asia Tengah dengan buah yang berbentuk kerdil. Kemudian dibawa ke Eropa untuk diteliti dan dikembangkan hingga akhirnya dapat dibudidayakan dan dapat kita manfaatkannya sampai sekarang . Di wilayah Eropa apel hanya dipetik pada akhir musim gugur dan disimpan pada tempat yang melebihi titik beku. Menurut catatan sejarah, apel adalah buah yang pertama kali menjadi tanaman pertanian. Dan Apel dibawa masuk dan dibudidayakan di Amerika Utara bersama dengan datangnya kolonis pada abad ke-17.



Kita langsung saja ke tema artikel yaitu 10 Macam Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan , dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari Buah Apel ini.

1.Menetralisir Kadar Gula darah
Penyakit kelebihan kadar gula darah atau sering disebut Diabetes adalah momok yang paling menakutkan saat ini, berbeda dengan 20 - 30 tahun lalu dimana penyakit degeneratif masih sangat jarang dijumpai. Bahkan diabetes saat ini merupakan salah satu penyakit paling sering menyerang orang dengan perilaku tidak sehat. Kabar baiknya ternyata apel meski memiliki rasa yang manis tapi dapat mengontrol kadar gula dalam darah secara efektif, walaupun diabetes tersebut disebabkan karena faktor keturunan.

2. Menurunkan Berat Badan
Mengkonsumsi Apel setiap hari secara teratur ternyata dapat menurunkan berat badan, karena Apel mengandung Serat pangan 2.4 g/100 g (3.5 oz) dan serat dapat melancarkan pencernaan.

3. Menyehatkan Payudara Wanita
Payudara atau Buah dada adalah organ wanita yang sering terkena penyakit dan salah satunya yang paling ditakuti adalah kanker payudara. Dan dengan mengkonsumsi apel secara teratur dipercaya dan disarankan oleh ahli kesehatan untuk mencegah kanker Payudara sedini mungkin.

4. Menyehatkan Hati
Zat antioksidan alami yang ada pada Buah Apel memiliki manfaat untuk melindungi hati dari serangan kanker.

5. Mengobati dan Mencegah Anemia (kurang darah)
Anemia merupakan kondisi dimana saat darah kekurangan hemoglobin untuk meningkatnya kembali dibutuhkan asupan zat besi yang sangat kaya dan zat besi itu juga ada di dalam buah apel, zat Besi dalam buah apel adalah 0.12 mg/100 g (1%).

6. Merawat Jantung
Jantung adalah organ penting manusia, jika jantung terganggu maka kehidupan seseorang akan terganggu juga. Jika Anda tidak ingin mengalami masalah pada kesehatan jantung sebaiknya mulai sekarang konsumsilah apel secara teratur setiap hari.

7. Menyehatkan Mata

Buah Apel dipercaya dapat menyehatkan mata kembali, jika Anda merasa sudah tidak bisa fokus melihat saat senja hari (rabun senja) sebaiknya mulai sekarang konsumsilah secara rutin buah apel.

8. Mencerdaskan Otak
Apel memiliki Kandungan zat Asetilkolin yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerdasan otak, dan dapat mencegah timbulnya penyakit alzeimer . Dengan mengkonsumsi apel secara teratur daya ingat otak akan semakin meningkat.

9. Mencegah Osteoporosis (Pengeroposan Tulang)
Tiap manusia pasti akan mengalami masa tua jika saat ini masih muda cantik dan tampan dan gagah suatu saat nanti pasti mengalami masa tua yang keriput dan rapuh. Baru - baru ini penelitian mengindikasikan bila Manfaat Buah Apel dapat melindungi tulang dari kerapuhan.

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh manusia dan juga sebagai organ kecantikan. Dan Buah Apel memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kulit sehingga dengan mengkonsumsi apel setiap hari maka dapat menyehatkan kulit agar tetap cantik alami dan berseri. Tak hanya kulit tubuh, tapi kulit wajah juga menjadi lebih sehat. Maka tak jarang beberapa orang memanfaatkan apel sebagai salah satu cara alami menghilangkan jerawat dan juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan luka bekas jerawat.

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Apel

Energi 218 kJ (52 kcal)
Karbohidrat 13.81 g
Gula 10.39 g
Serat pangan 2.4 g
Lemak 0.17 g
Protein 0.26 g
Air 85.56 g
Vitamin A equiv. 3 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0.017 mg (1%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.026 mg (2%)
Niacin (Vit. B3) 0.091 mg (1%)
Asam Pantothenat (B5) 0.061 mg (1%)
Vitamin B6 0.041 mg (3%)
Folat (Vit. B9) 3 mg (1%)
Vitamin C 4.6 mg (8%)
Kalsium 6 mg (1%)
Besi 0.12 mg (1%)
Magnesium 5 mg (1%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 107 mg (2%)
Seng 0.04 mg (0%)


Nilai nutrisi dari tabel diatas adalah Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz) dan data diatas diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Apel Demikianlah artikel saya kali ini dengan tema 10 Macam Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :