Manfaat Pijat Bagi Kesehatan Anak Balita

Pijat Bagi Kesehatan Anak Balita – Sebagai orang Jawa-sunda dan sudah memiliki anak saya sering disuruh mertua maupun orang tua saya untuk memijatkan anak saya mulai sejak masih bayi hingga balita, karena pada kebiasaan penduduk jawa, pijat pada anak sepertinya telah jadi kebiasaan . Para orang tua jaman dulu sampai sekarang senantiasa menyarankan cucu-cucunya untuk teratur dibawa ke dukun pijat anak. Pertanyaannya apaka benar pijat pada anak ini baik bagi kesehatan ? Lalu apakah pijat pada anak balita ini aman ? namun menurut pengalaman anak saya memanglah pada sebenarnya dia rewel saat telat untuk dipijatkan, lalu setelah selesai dipijat, dia lebih terlihat tenang dan tidurnya tambah pulas. Ini bermakna pijat memanglah baik bagi kesehatan anak balita maupun bayi, menurut versi pengalaman saya sebagai ibu muda.

Lantas bagaimanakah pijat pada anak balita ini menurut versi medis ? Dari yang pernah saya dengar ada Rumah sakit di daerah saya kini gencar mengkampanyekan manfaat pijat untuk kesehatan anak. Beberapa pakar medis yang pro merekomendasikan untuk lakukan pemijatan pada anak, terlebih untuk anak dengan gangguan keseimbangan, masalah sensoris ( contoh : mudah kaget ), kurang nyaman terkena sinar matahari, takut dengar nada spesifik , keterlambatan motorik ( contoh :terlambat jalan ) serta mudah jatuh ketika jalan/lari. Dan juga dianjurkan untuk sebagian anak dengan bermacam masalah, misalnya : serebral palsi, kelainan tulang pinggul( hip displasia ), fibrosis kistik,penyakit tulang rapuh dan jadi lunak ( osteogenesis imperfecta ), epilepsi,hidrosefalus, sindrom down,kelainan tulang kaki yang dimaksud talipes ( club foot ) .

Pijat juga dapat beresiko , hal ini terkait dengan resiko tak hanya manfaat baiknya . Untuk itu, pijat sebaiknya diserahkan pada pakar atau orang yang telah ahli yang telah diakui beberapa orang , dan memiliki pengalaman jam terbang tinggi. Disamping itu tukang pijat anak balita mesti bersertifikat kompetensi serta mempunyai ijin praktek resmi. Seandainya pemijatan dikerjakan dengan benar serta waspada , maka pijat bisa memulihkan manfaat serta kinerja sistem persarafan manusia, terlebih masalah syaraf pada pada anak.


Pijat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada penyakit( imun ). situasi tubuh anak dapat lebih bugar, dikarenakan pijat bisa menghilangkan kelelahan dari berbagai kegiatan harian. Perihal ini pasti dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada penyakit, dikarenakan penyakit lebih gampang menyerang pada anak yang kelelahan.Pijat bisa melancarkan peredaran darah hingga suplay oksigen dan metabolisme tubuh makin lancar. Ini akan mengembalikan kesehatan anak yang senantiasa aktif didalam periode pertumbuhannya.

Tidak ada komentar :