Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Saat ini minyak zaitun menjadi idola banyak orang di Dunia baik di eropa maupun Indonesia, beberapa perusahaan memanfaatkan minyak zaitu dalam produknya selain bisa dimanfaatkan dalam berbagai produk obat - obatan maupun kecantikan untuk memenuhi permintaan konsumen karena sangat banyaknya khasiat dan manfaat yang di dapat dari minyak zaitun. Ternyata minyak zaitun memiliki berbagai khasiat dan manfaat bagi kesehatan antara lain dapat meredakan sakit nyeri, mengurangi resiko penyakit kanker dan jantung, mencegah penyakit diabetes, membantu sistem imun untuk melawan hiv.
Karena Minyak zaitun banyak mengandung polifenol yang dapat melawan kanker dan lemak tak jenuh, juga dapat memperkuat jantung. Selain baik untuk kesehatan ternyata minyak zaitun juga bisa menurunkan berat badan. Sebuah Penelitian menyebutkan bahwa minyak zaitun mengandung lebih tinggi adiponektin-nya dibandingkan karbohidrat dan protein lainnya.


Adiponektin adalah hormon yang dapat memecah
lemak di dalam tubuh dan mendorong indeks masa tubuh agar tetap rendah.



Dan di bawah ini adalah manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Meredakan Nyeri
Kandungan senyawa oleokantal yang terkandung dalam minyak zaitun ini yang dapat mencegah munculnya radang, seperti asam mefenamat dan obat penghilang radang lainnya. Minyak zaitun mampu menghambat pembentukan prostaglandin yang merupakan salah satu mediator / yang menyebabkan nyeri. minyak zaitun juga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis). Selain mencampurkan minyak zaitun ke dalam salad buah yang akan kita konsumsi, untuk meredakan nyeri kita juga dapat mengoleskan langsung pada bagian yang terasa nyeri.

Minyak Zaitun Untuk Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan antioksidan yang terdapat didalam minyak zaitun bekerja melalui aliran darah menekan kolesterol jahat ( LDL ) dan menjaga kolesterol baik ( HDL ) serta menurunkan tekanan darah. minyak zaitun mengurangi resiko penyakit jantung karena adaya antioksidan nabati yang tinggi.

Menurunkan Kadar Gula Darah dan Mencegah Diabetes Melitus
Kandungan minyak zaitun didominasi dengan adanya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Zat ini yang memiliki khasiat dan manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, dan mencegah resiko diabetes melitus.

Mencegah Kanker
Kandungan polifenol yang terdapat dalam Minyak Zaitun
berperan sebagai antioksidan yang meredam radikal bebas. Radikal bebas itulah yang memicu timbulnya penyakit kanker yang menyerang tubuh kita.

Melawan HIV
kandungan asam maslinat yang ada di dalam Minyak Zaitun, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menghambat serin protease, dimana serin protasea adalah enzim untuk menyebarkan HIV hingga 80%

Demikianlah Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan , semoga rangkuman artikel ini sedikit banyak dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Dan perlu di ingat bahwa saya bukan ahli kesehatan jadi untuk lebih jelasnya anda bisa tanyakan pada ahli yang berkompeten dalam bidang kesehatan ini.

Tidak ada komentar :