Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan Anak


Assalamu'alaikum.Wr.Wb



Sumber Gambar Flikr.com

Selain Buah-buahan sikecil juga perlu diberi sayur demi memenuhi kebutuhan gizinya, dan kali ini saya akan share tentang Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan Anak sebelum kita bahas ke pokok dari tema daitas kita akan bahas dulu tips memilih sayur-sayuran untuk si kecil maupun orang dewasa, dalam memilih sayuran kita perlu perhatikan jenis bayamnya dulu jika sayur yang dalam bentuk daun-daunan kita harus teliti dan pilih warna yang masih hijau dan segar, jangan lupa perhatikan bebtuk daunya yang masih utuh dan warnanya tidak menguning, pilihlah sayur yang batangnya mudah dipetik dan tidak layu. untuk sayur yang berbentuk buah kita harus jeli dalam memilh serta mengamati harus yang mulus dan tidak ada lubangnya karena di khawatirkan ada ulat dan sudah busuk. Setelah kita memilih sayur yang tepat kita sekarang ke pokok dari tema diatas , dimana manfaat sayur bayam bayam itu banyak sekali dan sangat bagus untuk kesehatan anak kita,

Manfaat sayur bayam antara lain untuk kesehatan penglihatan , menaikan tekanan darah, memperkuat otot, mencegah degenerasi terkait usia makula (AMD), katarak,menurunkan kadar kolesterol, aterosklerosis dan juga serangan jantung atau stroke, manfaat neurologis, mineralisasi tulang, anti-ulseratif, melindungi kulit dari penuaan dini, membantu pengembangan janin, sistem saraf, gangguan kardiovaskular, kulit, tulang, anti-kanker, Kandungan folic acid yang ada didalam sayur bayam juga mampu melindungi otot ,jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang mudah larut dan mengandung B9. Vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yang sedang hamil untuk melindungi bayi dari cacat pada bagian syaraf. Manfaat Bayam lainnya adalah untuk mengurangi pembentukan batu empedu, sebab bayam termasuk banyak mengandung magnesium selain ikan, kacang almon kering, alpukat, pisang, kismis. Dalam Sayur bayam banyak terkandung zat besi yang memiliki fungsi untuk pencegah anemia.

Yang perlu diperhatikan:

Kandungan zat besi pada bayam yang berupa Fe2+ (ferro), jika Sayur bayam yang telah dimasak terlalu lama berinteraksi dengan O2 (Oksigen), maka kandungan Fe2+ pada sayur bayam akan teroksidasi lalu berubah menjadi Fe3+ (ferri). Meski keduanya sama-sama zat besi, tapi yang bermanfaat untuk tubuh manusia adalah ferro, lain halnya dengan ferri yang telah berubah dan bersifat racun. Jadi jangan sampai memakan sayur bayam yang sudah melalui proses pemasakkan kemudian dipanaskan lagi. Yang Tepat dan sebaiknya adalah kita harus segera mengkonsumsi bayam sesaat setelah melalui proses pengolahan, lebih baik hindari juga mengkonsumsi bayam yang sudah lebih dari five jam setelah proses pemasakan atau sudah berubah warnanya, karena selain mengandung zat ferri yang tadi kita bahas di atas, bayam tersebut juga dapat mengandung zat nitrat (NO3) yang jika teroksidasi dengan udara juga akan menjadi NO2 atau nitrit yang bersifat senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun. Dalam proses penyimpanan di kulkas maupun Freeser juga harus diperhatikan, karena semakin lama bayam disimpan di dalam kulkas senyawa nitrit dari bayam itu akan terus meningkat kadarnya. Efek racun pada nitrit akan dapat menimbulkan reaksi dengan zat besi didalam sel darah merah, tepatnya di hemoglobin. Ikatan nitrit dengan hemoglobin disebut juga Methemoglobin yang mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Ketika jumlah methemoglobin sudah mencapai lebih dari 15% dari total keseluruhan hemoglobin, maka akan terjadi Sianosis yang artinya keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen. Dalam mengolah sayur bayam kita tidak boleh memasak sayur bayam dengan panci aluminium. Karena aluminium bisa menyebabkan racun saat bereaksi dengan zat besi yang terkandung di dalam bayam. Dan yang paling penting harus diperhatikan adalah mereka yang menderita asam urat dan rematik. Mereka tidak boleh mengasup sayur jenis ini karena bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan dan asam urat kambuh. Ini terjadi karena kandungan zat purin dalam bayam yang sangat tinggi. Purin inilah yang kemudian diubah menjadi asam urat dalam tubuh kita.

Zat yang terkandung dalam bayam begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, yaitu antara lain
  • Mineral
  • Vitamin
  • Pigmen dan phytonutrisi
  • Kalium
  • Mangan
  • Seng
  • Magnesium
  • Zat besi dan kalsium


Demikianlah Ulasan saya kali ini dalam manfaat bayam untuk kesehatan, dan tidak lupa saya ucapkan Salam Sehat

Tidak ada komentar :